Sop Senerek Bu Atmo Asli Magelang

  
Setelah sekian lama mengenal makanan asli Magelang yang bernama sop senerek, akhirnya saya baru tau dong kalau ternyata di Magelang ada penjual sop senerek yang sudah sangat terkenal. Orang sini biasa menyebutnya sop senerek Jendralan karena terletak di pusat wisata kuliner Jendralan di wilayah Cacaban, Kota Magelang.

sop senerek
photo : riviwer.com

Nama aslinya adalah Sop Senerek Bu Atmo. Makanan segar ini sebenarnya adalah makanan peninggalan kolonial karena aslinya nama makanan ini diambil dari kata snert yang berarti kacang polong. Karena masalah pelafalan, orang sini lebih mudah mengucapkan senerek. Hal tersebut yang bertahan sampai saat ini karena memang sop senerek bahan wajibnya adalah kacang polong.

Sop senerek Jendralan berisi kacang polong, daun bayam, potongan wortel dan  topping bisa dipilih antara daging sapi, ayam, dan iso.  Untuk tambahan lain ada juga perkedel, martabak telor, sate bakso, dan sate usus. Tapi kalau melihat bahan aslinya, memang sop senerek biasanya menggunakan daging sapi yang diiris.

Sebenarnya saya sudah beberapa kali makan sop senerek buatan budeh istri saya yang saya akui memang enak rasanya dan segar. Mungkin  mirip dengan sop daging pada umumnya yang memiliki kuah bening dengan ragam sayuran yang tercampur didalamnya.

sop senerek
photo : riviwer.com

Sop senerek disini biasanya dimakan untuk menu sarapan yang mengenyangkan. Padahal kalau di Jakarta, menu sop biasanya lebih banyak disantap untuk makan siang. Makanya tidak heran jika sulit sekali untuk menemukan bubur ayam di Magelang. Mungkin orang disini lebih memilih sop senerek sebagai menu sarapan mereka. Saya sendiri datang ke sop senerek Jendralan sekitar jam 11 siang dan hanya tersisa topping iso dan ayam. Saya pun memilih iso, sementara istri saya memilih ayam. 

Rasanya memang segar sekaligus mengenyangkan. Tapi sop senerek terenak tetaplah jika menggunakan daging sapi yang diiris. Gak tau kenapa rasanya lebih mantap aja dan cocok di lidah. Dengan harga belasan ribu per porsi, saya yakin sop senerek pantas jadi destinasi wisata kuliner Magelang di pagi hari.

Saya rasa sop senerek Jendralan memang enak dan harganya terjangkau, maka saya memberikan bintang :



Lokasi Google Maps : Sop Senerek Bu Atmo Jendralan




Post a Comment

0 Comments