Pengalaman Menginap Santai di Bumi Katulampa Convention Resort Bogor

akhirnya bisa kembali berlibur setelah setahun lebih mendekam didalam rumah karena pandemi Covid-19 yang tidak juga mereda. karena sudah sedemikian suntuknya untuk terus mengalah, akhirnya secara mendadak di hari minggu pagi yang awalnya cuma mau main ke lokasi wisata dekat rumah naik motor bareng anak istri, kok akhirnya malah liburan ke Bogor dan menginap santai di Bumi Katulampa Convention Resort ini. tiketnya saya pesan lewat traveloka dan disini saya pesan kamar Cottage Twin Bed yang harganya termasuk paling mahal di hotel ini. bukannya apa - apa ya tapi saya hanya ingin pindah tidur ini tidak sekedar pindah tidur saja, tapi juga bisa berkesan.

bumi katulampa
foto : riviwer.com

perjalanan dari Cikarang ke daerah Katulampa dimulai sekitar jam 11.00 siang dengan mobil dan sampai di hotel jam 13.30. saat pertama kali menuju ke hotel akses jalannya memang ada, tapi agak sempit, jadi kalau bawa mobil besar seperti innova atau fortuner mungkin akan sedikit effort. saat masuk parkiran, kondisi lahan parkirnya jauh dan sebenarnya ada parkir pararel, tapi kalau sudah penuh, ini asli lokasi parkir mobilnya jauh bareng lokasi parkir motor. tapi petugas di parkiran sangat welcome dan ramah, jadi it's okay to not be okay. hehe...

gubug bumi katulampa bogor
photo : riviwer.com

proses check-in saya mudah dan cepat, cuma untuk ke kamar memang tidak ada jasa pengantaran ya baik kamar yang dekat maupun jauh dari lobi hotel. karena saya turun duluan untuk check-in saya langsung ke kamar saja untuk foto foto duluan sebelum kamar saya berantakin. posisi kamar dan layout kolam renang mengingatkan saya dengan hotel pesona bamboe di Lembang yang pernah saya buat tulisannya juga di blog ini. meskipun dapat fasilitas balkon, tapi saya tidak dapat fasilitas kursi santai di balkon, sayang banget. saat masuk kamar saya kagum saya kebersihan kamarnya. saya cek kamar mandi juga okelah. jadi ada jendela besar di dinding pembatas kamar dan kamar mandi.

kamar mandi bumi katulampa
foto : riviwer.com

awalnya saya kecewa karena tidak ada kelengkapan toiletries di kamar mandi seperti sabun, sampo, dan sikat gigi. tapi ternyata semua itu diletakkan di meja bawah tv. harusnya sih di meja wastafel ya. handuk juga baiknya disimpan di gantungan handuk kamar mandi dalam kondisi dilipat sesuai peruntukannya bukan di tempat tidur. IMHO.

kamar cottage bumi katulampa

ada satu kursi pojok yang besar dan itu lumayan jadi toxic karena istri jadi mau beli juga, asli nyaman banget buat duduk kalau dalam kondisi lelah. di kamar ini juga dapat teh, gula, ada cangkir dan pemanas air minum ya, tapi tidak diberikan air mineral meskipun cuma sebotol dan ini memaksa saya untuk keluar hotel lagi membeli air mineral secara anak butuh air banyak untuk susu kalau bangun tengah malam. mesti gak cukup kalau cuma satu botol besar saja. saya disini tidak mau mencari - cari kesalahan tapi memang kekurangan itu bisa jadi pelajaran untuk perbaikan agar pelayanan bisa lebih ditingkatkan. seringkali hal semacam ini tidak nampak oleh penilaian internal, makanya dibutuhkan penilaian pihak luar seperti saya. berikut ini beberapa kekurangan yang saya temui saat saya menginap di kamar cottage twin bed bumi katulampa convention resort ini selain yang saya sudah sampaikan diatas :

1. handuk, sprei, dan sarung bantal bersih tapi bau apek

2. tidak ada keset kamar mandi, terpaksa deh pakai selendang spreinya

3. sisi sprei ada robekan lumayan mengganggu

4. posisi saklar lampu baiknya dibagi jadi lampu sebagian dan lampu nyala semuanya

5. posisi stop kontak listrik banyak tapi kurang tinggi, masih terjangkau balita

6. tidak ada telepon, padahal saya niat mau pesan di cinnamons resto, tapi males ah jalannya

7. lampu balkon didepan kamar saya mati

sprei robek
photo : riviwer.coma

tapi diluar semua kekurangan itu, hotel ini buat saya sangat nyaman apalagi kalau bawa keluarga menginap. tidak perlu memikirkan jam buka tutup jalur puncak lagi. lokasinya memang agak pelosok dari tengah kota, tapi itu sepadan dengan kenyamanan dan ketenangan yang didapat. harganya juga cukup terjangkau karena kamar paling murahnya ada di kisaran 200.000an. berarti itu cuma sepertiga dari kamar cottage yang saya pesan kali ini. ohya karena posisi kamar cottage ini persis diseberang restoran, jadi sepanjang malam saya bisa dengar suara instrumen yang diputar di restoran. saya awalnya mengira akan ada live music. seru banget pasti kalau beneran ada. hehe...

taman bumi katulampa
photo : riviwer.com

saya dan istri pun setuju kalau bumi katulampa convention resort ini cocok banget buat bawa keluarga besar. kolam renangnya, tamannya, gubug sundanya, sangat memadai untuk membawa banyak anak - anak. lain kali ada acara keluarga ke Bogor mungkin saya akan menyarankan kesini. pada akhirnya saya akan memberikan penilaian untuk bumi katulampa convention resort ini dan bintang yang saya berikan adalah :

karena diluar semua kekurangan yang saya sebutkan diatas nilainya minor sebenarnya. kenyamanan yang saya dapatkan di bumi katulampa convention resort itulah yang major dan berkesan ya walaupun disini saya menginap santai juga sih. artinya saya ke Bogor ya cuma untuk menginap di hotel ini, saya gak makan atau mendatangi tempat wisata manapun disini. ya dua hari stay saja di hotel saja. ohya penilaian ini diluar sarapan ya karena saya menulis ini di malam hari saat saya menginap di bumi katulampa convention resort. penasaran juga besok pagi bagaimana menu sarapannya. ditunggu ya tulisannya.