Pernah Mampir Membeli Jajanan Legendaris Serabi Ngampin Di Ambarawa ?

untuk saya yang sudah melewati Ambarawa sejak 2007 biasanya akan menyempatkan waktu untuk mampir sejenak dan membeli santapan ringan serabi kuah khas Ambarawa yang keberadaannya  perlahan mulai dilupakan. menurut saya ini tidak lain karena dibangunnya jalan lingkar luar Ambarawa yang menghubungkan Bawen dan Jambu tanpa harus melewati Ambarawa Kota yang biasanya padat lalu lintas.

surabi
photo : riviwer.com

masalahnya keberadaan jalan lingkar luar ini membuat lokasi sentra kuliner serabi kuah Ambarawa yang berada di daerah Kecamatan Ngampin jadi tidak dilewati oleh para pengendara yang melintas ke arah Yogya maupun Semarang. 

keberadaan jalan lingkar luar ini tidaklah salah karena memang selain memangkas waktu perjalanan, kita juga akan disuguhkan secara langsung penampakan luas dan indahnya Danau Rawa Pening. kepadatan lalu lintas di dalam kota pun akhirnya terurai karena keberadaan jalan ini.

sorabi
photo : riviwer.com

serabi ambarawa
photo : riviwer.com

tapi ya itu, pembeli serabi kuah Ambarawa jadi berkurang. makanya melalui tulisan ini saya berharap agar harapan saya bisa tersampaikan untuk semua pembaca yang melewati Ambarawa. mampirlah untuk membeli serabi kuah Ambarawa ini.

hari ini saya akhirnya kembali melewati Ambarawa setelah dua tahun mandek karena covid-19. meskipun dari arah terminal Bawen saya bisa belok kiri menuju lingkar luar Ambarawa, saya tetap ambil lurus lewat dalam kota untuk menuju ke sentra kuliner serabi kuah khas Ambarawa ini.

saya harus beli makanan ringan ini dan membuat tulisannya.

pada dasarnya serabi ini mirip serabi lainnya. yang membedakan adalah penggunaan kuah santan bercampur gula jawa yang panas. kuah inilah kunci kesegaran serabi kuah Ambarawa yang mungkin tidak bisa kita temukan di serabi lainnya.

meskipun saya menggunakan mobil dengan plat Jakarta, harga serabi masih sama dengan saat terakhir saya beli beberapa tahun lalu, enam ribu rupiah. tidak ada istilah getak getok harga.

dengan harga itu saya sudah mendapatkan lima serabi didalam mangkok beserta kuahnya juga. segar.

kalau kita merasa kuahnya kurang, kita bisa kok minta ditambah, gratis!

serabi ambarawa
photo : riviwer.com

kalau penasaran sama kuahnya, mungkin rasanya bisa saya bandingkan agak mirip dengan rasa bajigur. nah loh siapa yang belum pernah minum bajigur?

intinya cita rasa utama dalam serabi Ambarawa ini adalah rasa manisnya. jika kalian tidak terlalu suka dengan rasa manis, mungkin serabi ini bisa kalian makan tanpa disiram kuahnya ya.

kalau saya pecinta kuliner bercitarasa manis, makanya cocok banget di lidah saya untuk serabi ini kalau disiram kuahnya.

pada akhirnya saya selalu berharap agar keberadaan serabi kuah khas Ambarawa ini tidak hilang karena minimnya pembeli. semoga panganan khas Ambarawa ini tetap lestari karena nikmat dan harganya terjangkau.

Baca Juga : Semangat Dalam Berjuang

untuk santapan ringan serabi kuah khas Ambarawa ini saya pribadi memberikan bintang :

riviwer

Lokasi Google Maps : Serabi Kuah Khas Ambarawa

Post a Comment

43 Comments

  1. Wah makin laper lihat surabi ini. Mila sendiri belum pernah nyobain. Lihat gambar2 dan tulisan ini, kayaknya ingin merasakan makanan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akhirnya ketemu teman-teman blogger yang asyik

      Salam kenal Kakak semua

      Delete
    2. cobain deh buat nambah katalog rasa hehe

      Delete
  2. Jadi laper, di makan pas sore-sore di musim penghujan seperti ini terasa nikmat. Tapi yang jadi pertanyaan, di Jakarta ada ga yang jual?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jakarta kayaknya kebanyakan serabi solo aja deh

      Delete
  3. Waaah ini buat sarapan pagi cocok banget nih, jadi penasaran seperti apa rasa kuahnya karena yang biasa aja kan udah enak banget tuh nah ini ada tambahan gula jawanya lagi

    ReplyDelete
  4. Keren, jadi pingin buat blog kuliner juga hehe, inspiratif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. blog review atau resep? klo resep bisa contoh c**kpad bagus itu

      Delete
  5. Malem+hujan gini kayaknya enak nih makan surabi anget2... Jadi penasaran rasanya surabi khas ambarawa kek gimana.. 😍😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. mainlah ke Ambarawa, mampir ke danau rawa pening yg eksotis pemandangannya

      Delete
  6. Jadi kangen masa kecil dulu kalau nemenin nyokap ke pasar, mesti menjajah blio buat dibeliin jajan...salah satunya serabi ini.

    Cuman yang saya nggak terlalu suka sama jajanan ini adalah ampas yg bikin serik ketika kuahnya udah mau abis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah dari kecil udah kenal serabi ini ternyata

      Delete
  7. Sumpah ini bikin lapar kenapa harus artikel ini yang dibuat :v tapi makasih deh udah kasih makanan khas luar kota

    ReplyDelete
  8. Saya menyukai kue dengan citarasa manis seperti serabi ini. Apalagi yang ini diberi kuah.., tambah segerrr.

    ReplyDelete
  9. Mantap, udah biasa makan serabi kuah. Tapi kayaknya boleh di coba nih serabi kuahnya yang khas Ambarawa

    ReplyDelete
  10. Di kota saya, Sukabumi juga banyak yang jualan surabi, mirip bentuknya. Bedanya di sini gak ada yang pake kuah kayanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. main kesana ah nyobain surabi sukabumi asli

      Delete
  11. Surabi atau sorabi atau serabi (wkwk banyak pengucapannya) kalau dimasak di kayu bakar lezatnya emang beda. Saya di sini agak susah nyari sorabi yang semacam itu, kebanyakan dimasak pake kompor :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget, ada efek smokey nya gitu klo pke kayu bakar apalagi arang kelapa

      Delete
  12. Apapun serabinya, selama dimasak dengan tungku saya jamin enak hehe. Tapi kalau serabi kuah saya belum pernah nyoba sih, kapan-kapan kalau melintas di Ambarawa perlu dicoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo lewat lingkar luar dari arah bawen, ntar ketemu SPBU pertigaan belok kanan ya

      Delete
  13. Di Malang juga banyak serabi kuah, tapi ada juga yang ngga pake gula jawa. Tapi serabi yang dimasak pake tungku jelas jauh lebih nikmat.

    ReplyDelete
  14. Pas liat foto serabi kuah kok ya jadi lapar 🤤
    Baru tau nih ada serabi pake kuah, biasanya saya makan sama gorengan buat ganjel perut pas pagi hari. Semoga ada rezeki buat nyobain ini deh 😁

    ReplyDelete
  15. Baru tahu kalo ada serabi kuah khas Ambarawa. Aku taunya ya kalo serabi kuah ya gitu-gitu aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah pernah lewat ambarawa belum? mampir kak

      Delete
  16. Di batam sayang banget ga ada yang jual surabi kuah. Eh ga ada apa aku yang kudet wkwkwk

    Tapi lihat dari fotonya aku jadi pengen ngerasain makan sih. Aku juga pecinta manis nih Kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cocok banget klo dasarnya suka manis manis

      Delete
  17. Duh, jadi ngiler banget sama serabinya. Pengen cobain juga. Semoga bisa kesampaian ngerasain serabi ini.

    ReplyDelete
  18. Mantap ini min, makanan kesukaan jaman kecil. Kadi nostalgia

    ReplyDelete
  19. Serabi menjadi pilihan asyik untuk kembali pada masa masa kecil, langsung auto trans memutar memori masa lalu

    ReplyDelete
  20. Wah, saya belum pernah makan serabi yang ada kuahnya. Sepertinya enak ya. Kalau dari gambarnya, itu serabinya bermacam-macam rasa ya?

    ReplyDelete
  21. Jadi ngiler. Enak banget sih serabi apakai kuah gini apalagi di sruput pas siang-siang

    ReplyDelete