5 Alasan Kuat Untuk Singgah Berwisata di Taman Bunga Manohara Magelang

Halo semua , selamat datang di blog riviwer. pada tulisan ini saya akan merangkum dan menjelaskan 5 alasan kuat kenapa kita harus singgah berwisata di lokasi wisata Taman Bunga Manohara yang berada di Magelang. perlu diingat bahwa tulisan ini dibuat pada bulan juli 2019. kondisi Taman Bunga Manohara saat ini mungkin berbeda dan semoga saja perbedaan yang aktual adalah menjadi lebih baik daripada saat tulisan ini dibuat.



1. Pendongkrak Ekonomi Masyarakat Sekitar
kalian tentu tidak terlalu memperhatikan ya bahwa lokasi wisata secara langsung maupun tidak langsung akan berpengaruh kepada kondisi perekonomian masyarakat yang tinggal disekitar lokasi wisata tersebut. mulai dari juru parkir sampai Tour Guide akan bisa mendatangkan pundi - pundi rupiah. lihat saja pedagang makanan disekitar lokasi wisata, biasanya adalah warga yang tinggal tidak jauh. jika kalian berlibur atau berwisata, jangan pernah ragu untuk membeli makanan di pedagang warga sekitar demi tujuan mendongkrak ekonomi mereka, tapi pilih yang bersih dan meyakinkan juga pastinya.

2. Lokasi Alam Untuk Relaksasi
Taman Bunga Manohara terletak di Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang, tepatnya disebelah utara Kota Magelang, tidak jauh letaknya dari Kecamatan Secang jika kalian dari arah Semarang atau Temanggung. Didepan gerbang lokasinya berjejer deretan pohon kelapa dan perkampungan dengan warganya yang ramah. saat masuk ke lokasi kalian akan bisa melihat dengan jelas di sisi barat hamparan sawah dengan gagahnya Gunung Sumbing di kejauhan. lokasi yang terbuka, angin yang berhembus dengan bebasnya disertai wewangian bunga Celosia dan kupu - kupu, relaksasi yang berkesan dan nyaman.

3. Instagrammable
siapa diantara kalian yang berlibur ke suatu lokasi, yang pertama dicari adalah spot untuk foto. yah tenang saja karena di Taman Bunga Manohara, ada beberapa spot foto menarik seperti replika kupu - kupu berukuran besar yang jadi rebutan para pengunjung. ada juga replika ka'bah di tengah taman yang saya sendiri belum paham apa maknanya. ohya disalah satu sisinya ada juga refleksi ikan dengan hanya membayar sejumlah uang yang sangat terjangkau. bisa juga kan buat foto dan upload di instastory kalian.

4. Nuansa Pedesaan
saya menuju ke lokasi Taman Bunga Manohara dengan penunjuk google. ternyata saya diarahkan bukan melewati jalan utama. jadi lokasi Taman Bunga Manohara ini ada di dalam, cukup jauh dari jalan raya Kabupaten Magelang. jadi harus melewati pedesaan terlebih dahulu. ditambah lagi saya tidak melewati jalan utamanya untuk masuk kesini. bersyukurnya saya karena ternyata jalan yang saya lewati ini tidak hanya lebih dekat, tapi juga sangat khas ndeso sehingga pikiran saya sepanjang jalan benar - benar santai. jalannya juga sudah cor beton sudah bagus, tapi awas karena selain jalannya sempit dan berkelok, ada beberapa jalan menanjak lumayan curam dengan hutan bambu disekitarnya yang berpotensi kecelakaan kalau kalian bawa mobil.

5. Wisata Alam Murah Meriah
ini adalah lokasi wisata yang sangat murah, kebangetan murahnya bahkan. saya dan istri untuk tiket masuk, uang bensin, parkir, jajan Pop Ice, Mi Balung, dan Mendoan itu kalau ditotal gak sampai harus mengeluarkan lembaran uang warna biru itu tuh (hayo nominal berapa ya?). kalau kalian cari wisata hemat, pastinya Taman Bunga Manohara ini bisa masuk list rekomendasi.

Kabupaten Magelang sebenarnya masih punya banyak sekali potensi pariwisata jika dikembangkan karena wilayahnya yang berupa pegunungan dan sangat asri. saya memberikan hasil evaluasi pribadi  dengan bintang :



untuk Taman Bunga Manohara karena masih ada sangat banyak hal yang harus diperbaiki. semoga kedepannya saat saya kembali berkunjung, lokasi wisata ini sudah jauh lebih baik dan kondisi tanamannya HIDUP SEMUA. kalau sampai itu benar terjadi saya pastikan poin rekomendasi di artikel ini akan saya update lagi.

Lokasi Google Maps : Taman Manohara Magelang

Post a Comment

2 Comments

  1. Wah, membaca ulasan ini membuat saya pribadi jadi ingin mengunjungi taman wisata yang ada di Magelang ini. selain banyak manfaatnya, ternyata dapat membantu perekonomian masyarakat sekitar juga.

    memang adanya tempat wisata seperti ini perlu adanya dukungan tidak hanya dari masyarakat setempat, tapi juga peran pemerintah agar peremajaan dan perbaikan menjadi lebih baik kedepannya.

    Semangat terus nulisnya Bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya berdasarkan informasi di google maps klo taman bunga manohara sudah ditutup secara permanen. besok klo pas ke Magelang coba mampir deh buat cek.

      Delete