Mi Ongklok Makanan Khas Wonosobo Yang Enaknya Kebangetan

Setelah dikecewakan oleh nasi megono, akhirnya saya dapat destinasi kuliner Wonosobo yang uenakke pol. Silahkan ketik Mie Ongklok Terenak Di Wonosobo pada mesin google search. Di hasil pencarian teratas kalian akan menemukan Mie Ongklok Longkrang. Itulah tujuan saya kali ini.

photo : google.com

Berada di Dusun Longkrang, Kabupaten Wonosobo, lokasi ini kebetulan saya lewati sepulangnya saya dari Wonoland kembali ke Magelang. Sayangnya saat saya lewati pertama, saya tidak mendapati slot parkir mobil yang kosong. Tidak heran karena parkiran sepanjang Jalan Pasukan Ronggolawe PENUH !

Menolak untuk menyerah dan keluar dari Wonosobo tanpa kuliner yang memuaskan lidah, saya pun memutar balik di alun - alun. Dasarnya rejeki anak mama, pas banget ada satu mobil keluar, langsung saja saya babat parkiran itu. Jarak parkir dari Mie Ongklok Longkrang cuma sekitar 20 meter. Saya makan di tempat. Beruntungnya saya dapat meja kursi makan karena katanya disini  mengantri di depan warung makan untuk bergantian makan adalah hal biasa.

photo : riviwer.com

photo : riviwer.com

Saya pesan Mie Ongklok dan 20 sate sapi, serta minum es teh manis dan kemudian saya dapat kupon lotere antrian nomor 90. Saat saya pesan antrian masih di nomor 82. Sabarrr.... 

Jujur saat makan ini saya bawa uang tunai terbatas karena belum mampir ke ATM untuk ambil uang tunai. Makanya untuk jaga - jaga saya hitung kasarnya pakai standar harga Jakarta. Kagetnya saya sama harga disini asli murahnya kebangetan. Gak sebanding banget sama kualitas rasanya yang top markotop. Tapi udah deh jangan dimahalin. Untuk info harga belakangan aja ya keluarnya. hehehe....

photo : riviwer.com

Mie ongklok ini terbuat dari mie kuning gepeng yang wenak dengan kuah kental yang saya duga menggunakan kanji. Ada irisan kol dan yang cuma ada di Wonosobo katanya loh, yaitu daun kucai. Mirip daun bawang tapi ini adalah daun kucai. Ohya disetiap meja juga disajikan tempe kemul yang kriuk dan gurihnya mantap. Tidak lupa juga saya makan gebleknya yang enak dan disajikan masih hangat. Di satu tempat Warung Makan Mie Ongklok Longkrang ini saya dapat banyak makanan khas Wonosobo, syukurlah.

photo : riviwer.com

Kuah panas kental beserta mi ongklok yang empuk berhadapan dengan tempe kemul yang renyah, lidah benar - benar dimanjakan dengan level yang tinggi. Hasrat kuliner saya benar - benar terpuaskan. Belum sampai selesai makan, rasanya saya ingin makan disini setiap bulan karena saking enaknya mi ongklok ini.

photo : riviwer.com

Selesai makan saya terkejut karena harga mi ongklok ini sangat murah. mi ongklok cuma 9.000 /  porsi. Sate sapi cuma 2.500 / tusuk padahal dagingnya banyak dan bumbunya kental banget. Tempe kemul dan geblek malah cuma 1.000 / buah padahal ukurannya gak kecil.

Jadi estimasi saya yang awalnya hampir 150.000 ternyata cuma bayar 97.000 doang !!!

Ada fakta unik yang saya dapatkan. Mie Ongklok Longkrang ini buka dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore, tapi seringkali jam 1 siang sudah habis karena saking larisnya. Ya gak heran wong enak dan murah kok. Bahkan karena sering habis, mereka sampai punya papan seperti dibawah ini. 😂

photo : riviwer.com

Asli ini mi ongklok pertama yang saya makan dan saya super puas. Enak banget. Percaya deh untuk bagaimana caranya kalau ke Wonosobo pastikan mampir kesini ya. Gak jauh kok dari alun - alun Wonosobo. Cuma ya parkirnya aja yang susah kalau bawa mobil. Tapi itu sebanding dengan pengalaman kulineran yang akan didapatkan. Saya pribadi dengan yakin memberikan bintang :


Lokasi Google Maps : Mie Ongklok Longkrang

Post a Comment

0 Comments