Kolam Renang Cetokan / Kalinongko Termurah Di Magelang

Akhirnya berkesempatan menulis tentang kolam renang langganan saya kalau lagi mudik ke kampung halaman istri di Magelang. Kolam renang yang bebas kaporit dan airnya langsung diambil dari mata air terdekat. Air di Magelang jangankan mata air, terkadang di Kabupaten saja masih banyak selokan yang airnya jernih. Sebenarnya saya pernah buat video kolam renang ini dan dimasukin ke youtube, tapi channelnya mandek karena saya kurang telaten buat konten video.

photo : riviwer.com

Hanya dengan tiket 5.000 per orang, kita sudah bisa masuk ke area kolam renang Kalinongko yang juga dikenal warga sekitar sebagai kolam renang Cetokan. Parkiran motor dan mobil cukup luas. Namun memang akses masuknya cukup lumayan dari jalan raya dan melewati rumah - rumah warga dan persawahan. Untuk sewa ban hanya dikenai 2.000 saja, namun ukuran ban ini sama ya karena pakai ban dalam truk. Jadi kalau bawa anak balita atau anak kecil baiknya bawa sendiri yang sesuai lingkar badan si anak biar lebih safety.


Kolam renang ini pertama saya datangi pada bulan Desember 2018. Saat itu ada 3 kolam utama, satu yang untuk balita kedalaman cuma 30 cm, satu untuk anak - anak kedalaman mungkin sekitar 60 cm, dan satu lagi untuk dewasa kedalaman sekitar 1,5 meter.

Kali ini di Mei 2022 saya kembali datang dan mendapati ada beberapa tambahan seperti kolam baru yang luas dan berbentuk persegi panjang dengan kedalaman 2 meter, di kolam balita diberikan tambahan dua perosotan, sementara di kolam anak ada water splash yang memanfaatkan tong plastik yang menghamburkan airnya saat sudah penuh.


Yang disayangkan saat saya datang, penjual kantin yang dulu menjual mendoan hangat tutup, padahal udah sengaja tidak membawa bekal karena akan makan mendoan itu, harapannya.

Pertama kesini saya dan istri belum ada anak, makanya bisa bebas dan ngajarin ponakan berenang. Kali ini saya datang bawa jagoan cilik yang aktif banget dan belum pernah masuk kolam renang, paling cuma main di bathtube di rumah yang jelas beda banget sama kolam renang beneran.

Benar saja, pertama masuk dia kepleset di kolam balita dan tidak bisa berdiri lagi keluar dari air, alhasil nangislah dia. Alhasil 100% saya selalu ada disampingnya khawatir dia malah trauma. Ban yang saya beli tidak melingkar utuh sehingga bisa dengan mudah terlepas dari badan. 

photo : riviwer.com

Sekitar dua jam sudah saya dan anak beserta ponakan berendam di kolam renang ini. Saat anak dimandikan istri, saya pun kepo mau mencoba kolam baru dengan kedalaman 2 meter itu. lebar kolam itu sekitar 20 meter. Namanya enggak pernah olahraga, saya pun hanya mampu berenang tiga putaran nonstop dan setelah itu saya kehabisan nafas. Andai ada kolam renang bagus di Setu yang standar Olympic dan tidak ramai, mesti bisa tiap weekend menyempatkan berenang lagi seperti saat masih tinggal di Cilandak dulu.

Senangnya berbagi momen berenang ini karena ini pertamakalinya jagoan kecil saya masuk kolam renang, tapi dengan modal keberanian dan kecerdasannya dia pasti akan lebih jago berenang dari papanya yang cuma bisa gaya bebas dan gaya punggung ini.

Ohya bicara tentang kamar bilas, kalau di kolam kaporit biasanya kamar bilas ini tujuannya untuk membersihkan kaporit ya atau misal kita ke sari ater yang untuk membilas air belerang. Tapi disini air bilas dan kolam sama karena memang sumbernya sama.

Balik ke parkiran dengan perut kosong, saya dikasitau kalau disini ada bakso yang wenak, bakso malang. Akhirnya di parkiran kami beli dulu itu bakso dan memang  entah karena kondisi dingin habis berenang atau memang beneran enak, bakso ini sangat nikmat disantap. Pastikan beli bakso ini kalau kalian berenang di kolam renang Cetokan / Kalinongko ini ya. Jadi akhirnya dengan senang hati saya memberikan kolam renang ini bintang :


Post a Comment

0 Comments