Makan Malam Hangat Sop Kaki & Sate Kambing Dulang Betawi Di Tengah Derasnya Hujan Kota Bogor

Cuaca panas menyengat sudah terjadi lebih dari sebulan di wilayah Jabodetabek, rasanya sangat tidak nyaman karena hujan tidak kunjung datang. Malam minggu ini saya berencana untuk berwisata kuliner ke wilayah Puncak, Bogor bersama anak dan istri. Saya berangkat dari rumah sekitar jam 4 sore dan sampai di Tol Lingkar Luar Bogor sekitar jam 6 sore karena mampir dulu isi bensin dan beli cemilan.
Awalnya saya berencana untuk makan malam ke Alam Sunda yang berada di Ciawi sekaligus mencari suasana sejuk mumpung kendaraan saya berplat ganjil, sesuai dengan tanggal ganjil hari ini. Tapi setelah melihat lagi kondisi peta melalui google maps ternyata kondisinya sedang tutup satu jalur dimana jalur turun ditutup. Saya khawatir karena letak restoran di sisi kanan jalan yang kondisinya arus turun sedang posisi diberhentikan.


Akhirnya saya mencari alternatif untuk membeli lagi sate maranggi yang ada di wilayah Tajur. Naas ternyata jalur disana juga macet total sehingga saya terpaksa nekat berwisata kuliner tanpa rencana. Saya berbelok ke lingkar luar Bogor dan keluar lewat gerbang Dramaga dan masuk ke Jalan Raya Taman Cimanggu melewati Soto Mie Mang Ohim yang pernah saya bahas sebelumnya.  

Hujan deras mengguyur kota Bogor sore ini benar - benar rindu rasanya dengan hujan ini. Padahal beberapa tahun ini selalu menghujat hujan karena berulangkali banjir di rumah, kualat kali ya. Suasana dingin memaksa saya untuk wajib pakai banget memburu makanan yang berkuah di Bogor sore ini. Setelah berkeliling menyusuri jalan, saya berakhir melewati Stasiun Bogor, jadi inget mantan deh..... 👀

Sop Kaki & Sate Kambing Dulang Betawi

Memutari kebun raya, saya akhirnya berpikir untuk menyerah dan kembali ke daerah Lingkar Luar Bogor mencari makanan seketemunya sampai akhirnya saya menemukan satu tempat yang menarik perhatian saya karena memiliki neon box besar berwarna kuning dengan tulisan SOP KAKI & SATE KAMBING.

Disebelahnya terdapat ruko dengan parkiran yang luas, sayapun memarkirkan mobil disitu. Namanya adalah Dulang Betawi. Saya memesan Sop Kaki Kambing dan Sate Kambing untuk modal menghangatkan sekaligus mengenyangkan perut.

Yah memang agak sedih sih karena jauh - jauh ke Bogor eh makannya makanan khas betawi juga. hahahaha.....

Saya sendiri adalah penggemar kuliner Sop Kaki Kambing mungkin sejak saya masih usia 8 tahun. Saat itu saya sering diajak bapak saya untuk makan Sop Kaki Kambing di wilayah Pejaten Pasar Minggu, Ampera, Cilandak, dan yang paling enak ya di Pondok Pinang dekat Menara Fedex Lebak Bulus.

Sop Kaki & Sate Kambing Dulang Betawi Bogor

Jadi saya secara pribadi sudah punya standar rasa menahun untuk jenis makanan ini. Setelah menunggu tidak lama akhirnya semua makanan sudah tiba dan kunci utama enaknya Sop Kaki Kambing adalah lemak dari minyak samin yang mengambang diatas kuahnya. Jumlahnya tidak terlalu banyak, tapi it's better than nothing.

Karena penggemar makanan manis, saya langsung tambahkan kecap, perasan jeruk limau dan sedikit sambal, lalu mengaduknya dan langsung menyeruput kuahnya yang masih panas dan jelas ini mantap banget. Ini benar - benar Sop Kaki Kambing ya meskipun saya order tanpa tulangan kaki sih ya. Daging dan jeroan tanpa tulang didalam sop juga melimpah ditambah kentang, daun bawang, emping, dan tomat. Tapi ini dagingnya banyak, tidak seperti Sop Kaki Kambing lain yang kebanyakan potongan kentang dan empingnya.


Sop Kaki & Sate Kambing Dulang Betawi Bogor

Untuk sate kambing saya cukup puas karena full daging kambingnya tanpa lemak. Tapi saya kira bakarannya masih medium rare, saya pribadi suka sate yang matang agak gosong sehingga ada sedikit - sedikit gosongan dan kecapnya. Ohya untuk bumbu kecapnya kurang banyak kasih kecap jadi daging satenya kurang basah. Tapi untuk kualitas daging kambingnya ini top markotop asli hangat di badan.

Sop Kaki & Sate Kambing Dulang Betawi Bogor

Pelayanan menurut saya juga sudah oke dan kita akan ditawarkan apakah sop dan sate mau disajikan berbarengan atau sop lebih dulu. Pastikan kita pilih datangnya berbarengan ya kasihan satenya kalau ditinggal. hehe.....

Setelah saya cek di google maps, ternyata lokasi Dulang Betawi tidak persis disini ya, saya sangat menyesal tidak mengambil foto bagian depannya, tapi kalau kalian melewati Jalan Sholeh Iskandar arah ke Dramaga tanpa tol, kalian pasti akan ketemu tempatnya sebelum Holland Bakery dan BCA.

Akhirnya saya akan memberikan nilai saya kepada Sop Kaki & Sate Kambing Dulang Betawi di Bogor ini. Saya bukan dermawan yang memberikan bintang rekomendasi dengan mudah, kecuali saya benar - benar puas dengan hidangan yang disajikan. Saya juga tidak mendapatkan sponsor darimanapun, jadi tulisan ini 100% adalah pendapat pribadi saya. Oke ! Saya akan memberikan nilai :



Post a Comment

0 Comments