Ngapain Jadi Blogger ?

blogger indonesia

ada banyak alasan untuk memulai sesuatu. namun untuk menjadi blogger, saya hanya punya satu alasan. saya ingin berbagi kepada semua orang tanpa batasan jarak, waktu, usia, gender, dan bahkan bahasa sekalipun. yah setidaknya ini sudah menjawab pertanyaan yang saya pasang di judul tulisan ini. tapi apakah cukup sampai disitu saja. pastinya tidak. saya akan sedikit membuka masa lalu dimana saya mulai mengenal dan menulis di blog.

JADI BLOGGER

tulisan pertama saya di blog berjudul "Indah Pada Waktunya" dan itu adalah tulisan tentang kebijaksanaan yang saya tulis pada 3 Februari 2011. blog nya masih ada sampai sekarang. di blog tersebut saya menulis beberapa topik, yaitu : cerita bijak, review film, download musik, teori keilmuan, dan catatan saya pribadi tentang mahasiswa tingkat akhir yang sedang berjuang menyelesaikan skripsinya. 

Baca juga : Sate Maranggi Paling Enak Di Subang

pertama kali menulis saya langsung menggunakan blogspot karena di 2011 blogger memang cukup terkenal mudah untuk dikostumisasi. ditambah karena blogspot ini milik google, jadi asumsinya akan lebih ramah dengan mesin pencarian. memang di 2011 saya sama sekali tidak memikirkan adsense. fokusnya hanyalah bahwa saya ingin berbagi isi kepala saya dengan semua orang melalui tulisan - tulisan saya.

saya menulis di blog ini sampai akhir 2012 karena akhirnya saya mengalami kebosanan dalam menulis dan blogging. ditambah lagi desember 2012 saya ada jadwal sidang skripsi. jadi saya benar - benar fokus kesana karena saya mengejar wisuda di bulan januari 2013. akhirnya saya sempat vakum di waktu tersebut. ini blognya

BLOGGER

sebenarnya saya sudah mulai merintis blog kedua saya sejak bulan juni 2012, tapi akhirnya saya mengakhiri blog pertama dan kemudian aktif memulai blog kedua saya di 2013. blog kedua saya fokus di bidang kewirausahaan. saya kuliah dan lulus dari Jurusan Administrasi Bisnis dan ingin berpartisipasi dalam bidang kewirausahaan. makanya saya membuat blog yang fokus dalam kewirausahaan. 

saat saya menulis blog kedua ini, saya juga bekerja sambil membantu kakak saya mengembangkan bisnis handicraft miliknya sampai bisa ekspor ke Singapura, Malaysia, dan Jepang. saya selalu berharap tulisan saya waktu itu bisa memberikan motivasi kepada pembaca yang akan membuka usaha, apapun itu. 

saya terus menulis hingga tulisan terakhir saya yang membahas tentang INACRAFT pada bulan januari 2018. saya kembali mengalami kebosanan menulis dan fokus membangun karir kerja saya. idealisme saya sudah memudar dan saya memilih untuk realistis. domain TLD yang saya gunakan untuk  blog kedua saya tidak saya bayar lagi, padahal blog ini sudah ada beberapa iklan adsense dan PPC. tapi namanya sudah bosan, akhirnya berhenti. ini blognya.

blogger

akhirnya setelah tiga tahun hilang dari dunia blogging, saya kembali memulai blog baru dengan tema wisata. disini saya ingin berbagi informasi terkait lokasi wisata dan kuliner yang pernah saya datangi atau saya ketahui. awalnya saya mau membuat channel youtube karena saat itu sedang ramainya youtuber dan pundi - pundi rupiah dari hasil iklan di youtube mereka. tapi karena saya tidak ada bakat kameramen dan jarang liburan, malah lebih aktif di blognya daripada di youtube.

tulisan pertama saya di blog ini berjudul "7 barang yang wajib ada saat berlibur" yang di publish 27 desember 2021. saya memulai lembaran blog baru saya dengan semangat yang juga baru. saya berharap blog ini tidak bernasib sama dengan blog - blog sebelumnya. apalagi blog ini juga sudah menggunakan TLD. harapannya saya bisa mendapatkan pendapatan pasif disini.

Baca juga : Hotel Pesona Bamboe Lembang Untuk Keluarga

tapi harapan tinggal harapan. akhirnya blog ini hanya bertahan selama dua tahun kurang sepuluh hari sampai tulisan terakhir saya di blog ini yang berjudul "Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 ke Bali Wajib PCR & Rapid". saya kembali vakum dan blog ini tidak berakhir total, hanya saya pindahkan ke blog baru yang temanya lebih luas dari sekedar membahas wisata. ini blognya.

blog terakhir

seperti saya bahas sebelumnya. saya ingin mengembangkan blog saya agar mencakup tidak sebatas wisata saja. saya juga mau membahas banyak hal. sementara judul blog ketiga saya ada kata TRAVEL nya jadi nanti tidak nyambung kalau membahas diluar wisata. kali ini saya menggunakan domain TLD riviwer.com karena blog ini akan mereview ya masih seputar wisata seperti belanja, lokasi wisata, penginapan, dan kuliner. tapi ada satu kategori baru, yaitu Opini, dimana saya bisa menulis banyak hal sekalipun itu tidak berkaitan dengan wisata.

di blog ini pemahaman saya tentang SEO dan Adsense sedikit bertambah. harapan saya adalah blog ini selain menjadi penyampai informasi, juga menjadi pendapatan pasif sampingan saya yang saat ini bekerja sebagai buruh pabrik di Bekasi. saya berharap blog ini terus berkembang. faktanya memang saat ini Covid-19 masih merebak di Indonesia sehingga menghalangi saya untuk berwisata. tapi meskipun tidak kemana - mana, saya akan tetap menulis semampu saya berbagi informasi dan berharap tulisan saya ini bermanfaat.

pada akhirnya saya harus sampaikan kalau menjadi blogger itu sangat menyenangkan. saya pribadi sudah pernah mencoba Joomla dan Wordpress untuk menulis blog, tapi memang lebih nyaman pakai platform Blogspot. Wordpress sangat membantu untuk SEO, tapi ya mungkin karena sejak 2011 sudah pakai Blogspot, jadi sudah nyaman.

sepuluh tahun saya menulis di blog, akun adsense saya sudah terisi IDR 3.000. mungkin memang saya yang tidak konsisten dan kurangnya pengetahuan untuk mencari uang lewat blog. memang ada cara instan saya memasang iklan pop-up PPC, tapi itu berpotensi jadi SPAM untuk pembaca dan saya tidak mau itu terjadi. semoga www.riviwer.com ini bisa bertahan lama dengan segala keterbatasannya. saya membuat blog dan menulis sendiri. jadi saya harap dimaklumi. sebenarnya saya ingin sekali mengundang teman - teman yang mau menyumbangkan tulisannya terkait review wisata di blog ini, tapi blog ini traffic nya masih rendah. mungkin besok kalau sudah lebih ramai dan ada adsense yang menghasilkan, saya akan mengajak teman - teman untuk ikut  menulis disini.

sebenarnya saya membuat tulisan ini bukan hanya untuk berbagi pengalaman saya menjadi blogger saja. saya sedang ikhtiar untuk ikut lomba yang diadakan oleh SUPERAPP. saya lihat ini aplikasi bagus yang sejalan dengan blog kedua saya, sama - sama ingin mengembangkan dunia kewirausahaan lokal. mungkin kedepannya saya akan membuka kategori baru di blog ini, yaitu review aplikasi mobile. 


Post a Comment

0 Comments