Sewa Mobil di Solo Sebagai Alternatif Perjalanan Keliling Jawa

kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman saya menyewa mobil di Solo sebagai alternatif perjalanan panjang ke Magetan. bapak saya tidak bisa bertahan lama dalam perjalanan darat berdurasi panjang karena pengapuran sendi di lututnya. 

mbah google berkata bahwa butuh lebih dari delapan jam perjalanan dari Cilandak untuk sampai ke Magetan. itu juga tanpa istirahat yang artinya, durasi sebenarnya bisa lebih lama lagi. awalnya saya berencana naik pesawat ke Surabaya dan melanjutkan dengan menyewa mobil dari sana.

foto : riviwer.com

tiket pesawat sudah pasti tersedia. masalahnya adalah tidak mudah mencari sewa mobil lepas kunci di Surabaya. banyak syaratnya dan juga harus deposit minimal tiga juta rupiah. saat saya menanyakan deposit malah dibalikin argumen mereka harga mobil yang disewa jauh lebih mahal. tidak salah. pencarian saya di Surabaya berhenti disitu.

selanjutnya saya coba cari penerbangan ke kota lainnya yang dekat dan punya bandara, Solo. pesawat bukanlah opsi pertama, tapi opsi terbaik karena dengan 400.000an per orang, saya sudah bisa sampai ke Solo dengan pesawat dalam durasi perjalanan satu jam. 

bandingkan dengan bis sleeper yang berharga sama, tapi butuh lebih dari sebelas jam perjalanan. bandingkan dengan kereta eksekutif dengan harga yang juga sama, tapi durasi perjalanan juga nyaris sebelas jam. kalau naik pesawat dulu ke Solo butuh sejam, saya hanya butuh tambahan satu jam lagi untuk bawa mobil dari bandara di Solo ke Magetan melalui akses tol Solo - Ngawi, dalam hal ini tujuan saya adalah daerah Maospati. jadi total perjalanan Jakarta - Magetan hanya dua jam.

foto : riviwer.com

foto : riviwer.com

foto : riviwer.com

sejujurnya di Solo sekalipun saya tidak langsung dapat sewa mobil lepas kunci yang mudah. namun setelah beberapa hari mencari secara online akhirnya saya menemukan sewa mobil lepas kunci yang mudah syaratnya, cukup KTP, NPWP, dan SIM C saya jadi jaminannya. disini saya tidak menyalahkan sewa mobil lepas kunci yang sulit ya karena memang resiko mobil dibawa kabur sangat besar.

tapi di sisi lain saya juga berterimakasih dan memberikan apresiasi kepada pihak sewa mobil yang mempermudah proses penjaminan untuk sewa lepas kunci. saya pernah ke Bali dan disana amat sangat gampang yang namanya sewa mobil lepas kunci. makanya saya agak heran saat cari sewa mobil lepas kunci di Surabaya, kok sulit.

oke akhirnya saya menyewa mobil di Solo dengan harga 300.000 per hari untuk mobil avanza. awalnya saya minat sewa yang mobil sedan, namun di H-1 diubah ke avanza. karena sewa mobil ini dari Jogja, saya dikenakan biaya antar jemput 150.000, fine.

foto : riviwer.com

saat saya landing di Solo, saya langsung menemui Mas Indra yang mengantar mobil, proses cek body mobil, isi form, serahkan uang dan jaminan, meluncur ke tekapeee..... 👀

senang rasanya menemukan pihak sewa mobil lepas kunci yang mudah. senang juga karena saya bisa mengantar bapak saya ke berbagai tujuan dengan lancar. sebenarnya saya info kalau hanya  untuk perjalanan Solo ke Magetan.

tapi karena bapak saya tau mobilnya diubah ke avanza, jadilah beliau minta antar ke beberapa tempat dulu, yaitu Karanganyar dan Baturetno. beruntungnya mobil ini cukup fit mesinnya, namun setelah saya lihat lagi sebelum dikembalikan, ban belakang sudah botak. syukurlah tidak pecah disepanjang perjalanan.

akhirnya saya harus memberikan bintang sebagai bentuk rekomendasi riviwer.com, yaitu :


terima kasih untuk Mas Indra dan Mas Uki yang sudah support mulai dari pemesanan sampai pengembalian. ohya karena saya masih menginap di Solo sebelum pulang ke Jakarta, pengembalian dilakukan di Hotel Ataya. untuk riviwnya bisa cek disini ya.

Post a Comment

14 Comments

  1. Saya juga pernah tuh cari sewa mobil dengan lepas kunci dan benar memang syaratnya cukup banyak dan sulit, tapi mengingat resiko yang cukup besar itu memang menjadi pilihan paling aman untuk si penyedia

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget, mungkin ada beberapa daerah yg sulit karena banyak kasus pencurian mobil sewaan lepas kunci disana.

      Delete
  2. Wahh, menarik sekali infonya kak. Apakah ada kontak yang bisa dihubungi untuk penyewaan mobil tersebut? Siapa tahu kapan2 ke sana. Jadi gak repot nyari2 lagi. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya minta ijin dulu ya ke empunya nomor nanti klo sudah dibolehin saya sertakan di artikel

      Delete
  3. Wah artikel yang menarik dan informatif karena saya sering mudik ke Wonogiri dari Jakarta pakai pesawat. Kan turun di solo, jadi masih butuh mobil sewa lagi kalau ke Wonogiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah persis bapak saya klo nyekar tahunan, mesti lanjut sewa mobil.

      Delete
  4. Keren ni kapan2 klo ada wktu seandainya sy mau ke solo sy sewa ditempat ini aja 😁😁

    ReplyDelete
  5. Bermanfaat mas, kalau bisa tinggalkan kontak yang dapat dihubungi juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh japri saya d grup bloggerhub, saya blm ijin share nomor kontak soalnya

      Delete
  6. tulisannya sangat ringan dan mudah dipahami. Sangat informatif kakak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih, udah kebanyakan serius di dunia nyata. yg ringan aja di dunia blog hehe

      Delete
  7. Ada rencana main ke Solo dan setelah baca artikel ini, kayaknya mau menyewa mobil di tempat ini aja deh, hihiih

    ReplyDelete