Sarapan Pagi Di Empal Gentong Krucuk 2 Cirebon

Akhirnya punya modus kesempatan untuk berlibur ke Magelang lagi. Lebih tepatnya tujuan kali ini sebenarnya ke Wonosobo. Berangkat Sabtu sebelum waktu subuh karena akan dibarengi dengan menjemput adik di Bandara Ahmad Yani Semarang siang harinya. Tiga jam menempuh perjalanan dari Bekasi, sekitar jam 7 pagi saya memutuskan untuk keluar tol di Cirebon. Dulu waktu jaman kuliah di Semarang, saya sering bolak balik Jakarta - Semarang naik motor dan pasti mampir di Cirebon untuk makan makanan khasnya, yaitu Empal Gentong.

photo : riviwer.com

Kali ini saya dan istri sepaham dan memutuskan mampir ke kota Cirebon untuk sarapan empal gentong. Sayangnya saya baru tau kalau kebanyakan penjual empal gentong disini baru buka setelah jam 9 pagi. Padahal kami sudah lapar karena malamnya belum makan. Sedikit muter - muter sepanjang jalan Ir. H. Juanda, akhirnya saya menemukan satu - satunya penjual empal gentong yang sudah buka sejak jam 7 pagi, yaitu Empal Gentong Krucuk 2.

Saya lihat review di google sepertinya lumayanlah ya. Akhirnya saya memutuskan tujuan kuliner ke Empal Gentong Krucuk 2. Disini parkir mobilnya di pinggir jalan ya, tidak seperti H. Apud yang ada lahan parkirnya. Saat saya datang, saya bisa pastikan ternyata saya sekeluarga adalah pembeli pertama.

photo : riviwer.com

Kami memesan empal gentong campur dan sate maranggi sapi sebagai santapan kuliner pagi ini. Rumah makan ini bersih dan bangku meja tertata dengan baik. Kami mendapatkan gratis teh tawar. Disini juga dijual kerupuk kulit asli Cirebon yang renyah.

photo : riviwer.com

Tidak lama menunggu akhirnya semua menu yang kami pesan datang. Oke saya memang sudah lama tidak makan empal gentong, tapi komentar awal saya adalah selain isian yang kurang, empal gentongnya kurang panas dan berasap. Sementara istri saya kurang cocok dengan sate maranggi sapi karena masih setengah matang. Ini mungkin karena kami tidak pesan agar satenya benar - benar matang.

photo : riviwer.com

photo : riviwer.com

Untuk urusan rasa, saya nilai cukup enak seperti empal gentong pada umumnya meskipun mungkin kalau kata lidah saya rasanya masih dibawah empal gentong H. Apud. Disini saya tidak disponsori pihak manapun ya. 100% murni penilaian subjektif dari saya. Untuk sate maranggi sapi saya sih cocok - cocok saja, namun memang berbeda dengan sate maranggi sapi yang saya temui di Subang. Pikir saya, mungkin ini khas Cirebon, makanya tidak bisa disamakan.

Overall saya sih puas sarapan di Empal Gentong Krucuk 2 karena makanannya ya enak, suasananya bersih dan tertata, pelayanannya sangat ramah, dan harganya ya so so lah. Setelah kami makan saya perhatikan juga banyak kendaraan luar Cirebon yang datang untuk makan. Artinya Empal Gentong Krucuk 2 ini dipercaya enak selain karena memang adalah yang buka paling pagi. Makanya orang tua selalu bilang jangan bangun siang nanti rejekimu dipatuk ayam. :)

Akhirnya saya pribadi merekomendasikan Empal Gentong Krucuk 2 ini sebagai destinasi kuliner di Cirebon khususnya untuk kalian yang butuh sarapan di pagi hari. Semoga tulisan saya bermanfaat dan secara subjektif saya memberikan bintang :


Lokasi Google Maps : Empal Gentong Krucuk 2

Post a Comment

5 Comments

  1. Menggugah selera sekali sarapan empal gentong. Lihat ini pagi-pagi auto nyari empal gentong juga. Laperr

    ReplyDelete
  2. Jadi penasaran sama rasa empal gentong. Di Surabaya ngga ada soalnya

    ReplyDelete
  3. Saya kayaknya belum pernah nyobain (atau menyengaja) makan empal gentong (atau mungkin udah pernah nyoba, tapi ga tau namanya wkwk). Bener juga ya istilah keberkahan di waktu pagi yang selaras dengan istilah "jangan bangun siang nanti rejekinya kepatok ayam" tuh nyata adanya :D

    ReplyDelete
  4. tempatnya terlihat bersih dan rapih, tentu makanannya juga enak nih

    ReplyDelete
  5. Satenya yang bikin saya tergoda buat makan, sopnya juga sih, dari kuahnya kental dan empalnya banyak. Bisa kenyang makan ini..

    ReplyDelete