Katanya Soto Mie Mang Ohim Adalah Soto Mie Yang Paling Enak Di Bogor

Hujan - hujan begini sih enaknya makan yang panas dan berkuah ya seperti soto atau sop. Bermula dari kegabutan di sabtu siang ini, saya dan istri pun secara mendadak berinisiatif untuk hunting soto mi di Bogor. Dari penelusuran Google saya mendapati beberapa opsi, namun pilihan saya jatuh pada Soto Mie Mang Ohim yang berlokasi di Tanah Sereal, Kota Bogor. Selain halal, soto mie ini yang berdiri pada tahun 2005 ini juga punya pilihan menu es oyen favorit saya. Itulah kenapa akhirnya pilihan makan sore hari ini jatuh kesana.

photo : riviwer.com

Melewati tol Jagorawi dari arah Cibubur dan dilanjut melewati lingkar luar Bogor hingga akhirnya sampai di lokasi kulineran yang satu ini, aksesnya super mudah dan beruntungnya masih ada satu parkiran mobil kosong pas saya datang. Salah satu review menyebut kalau disini susah parkir mobilnya. Saya perhatikan disamping ada tanah kosong yang bisa dipakai parkir mobil sampai 5 mobil, jadi tidak perlu khawatir tidak kebagian parkiran ya.

Masuk ke dalam lokasi Mie Soto Mang Ohim ada dua gerobak, gerobak kanan untuk soto mie dan gerobak kiri untuk minuman jus dan aneka es termasuk es oyen. Saya memesan soto bening daging dan es oyen sore ini. Saya sampai di lokasi satu jam sebelum warung makan ini tutup di jam 17.30. CMIIW.

photo : riviwer.com

Es Oyen datang lebih awal dan saya pun mencicipinya. Es Oyen pertama yang saya cicipi pada sekitar awal tahun 2000-an ada di wilayah Ampera, Jakarta Selatan. Rasanya sangat enak dan segar. Es oyen yang saya cicipi kali ini masih jauh dibawahnya. Enak sih cuma belum merepresentasikan es oyen khas Bandung yang selama ini saya ekspektasikan. 

photo : riviwer.com

Akhirnya tiba saatnya semangkuk soto mie dan sepiring nasi di hadapan saya. Saya campurkan kecap manis dan sambal untuk kemudian saya aduk semua jadi satu. Sendokan pertama soto saya coba dan saya butuh adaptasi karena ternyata soto mie ini SANGAT ENAK. Ada sensasi menghangatkan dalam kuah soto itu yang saya yakini tidak datang dari jahe atau lada, entah itu apa.

Awalnya saya kira potongan dagingnya hanya sedikit, tapi ternyata ada banyak setelah diaduk dan potongannya sangat rapi, serta dagingnya terlihat berkualitas dan mantap. Soto mie ini spesial, saya tidak merasakan adanya campuran msg atau micin, benarkah itu?

photo : riviwer.com

Setengah berjalan saya merasa ada yang kurang dan benar saja, garam!

Setiap makan soto mie, saya pastikan butuh tambahan garam karena biasanya cita rasa sunda yang hambar akan nampak dalam soto mie Bogor yang asli. Makanya butuh garam kalau suka makanan asin, apalagi biasa makan nasi padang. 😁

Saat saya makan, posisi cuaca baru saja hujan deras, jadi rasanya sangat pas dan mantap untuk menyantah soto mie panas ini. Saya pribadi sangat merekomendasikan Soto Mie Bogor Mang Ohim ini dan memberikan bintang :


Lokasi Google Maps : Soto Mie Mang Ohim

Post a Comment

9 Comments

  1. es oyen dan soto mie kelihatan segar bangett, apalagi sotonya, enaknya dimakan pas musim hujan kaya gini. Jadi pengen coba makanannya deh.... makasih rekomendasinya

    ReplyDelete
  2. Rekomendasinya mantap nih.... Sotonya kelihatan enak banget, makanan yang hangat kaya gitu cocok banget dimakan pas musim hujan kaya gini.

    ReplyDelete
  3. Wah, kelihatannya memang enak itu Bang dari Es Oyennya sampai ke Sotonya. Teddy baru tahu sih kalau ada Soto yang banyak dagingnya begini. Biasanya Soto yang Teddy makan beda.

    Terima Kasih ulasannya Bang.

    ReplyDelete
  4. Sotonya menggoda, apalagi esnya. Yang bikin geli itu "sensasi hangat yang datang dari sotonya bukan dari....." Jangan-jangan kuahnya yang fresh from the oven.. 😁

    ReplyDelete
  5. Menunyan kelihatan menggoda banget, jadi pengen coba tapi jauh, eh tp siapa tau nanti ad rezeki ke bogor

    ReplyDelete
  6. aku suka sotoooo! tapi belom pernah cobain soto mie sih hehe. dari fotonya kayaknya lumayan banyak ya isinya. karena aku biasanya makan soto lamongan yang isinya paling ya daging aja sama telur kadang

    ReplyDelete
  7. wiiih kalau sudah mendapatkan bintang 4 dari mas yang suka hobi kulineran, patut dicoba ini..

    ReplyDelete
  8. Tipikal sotonya itu kuah bening ya, jadi nggak banyak rempah kayak soto di Jatim

    ReplyDelete
  9. waaah saya suka banget nih sama soto mie.. jadi ngiler kalo lihat makanan yang berkuah seperti ini

    ReplyDelete