Redakan Penat Pandemi di Magelang Nan Asri

tahun kedua Pandemi Covid-19 menyerang Indonesia dalam berbagai aspek. mulai PSBB hingga PPKM tidak mampu secara masif menekan angka positif Covid-19. namun kita sebagai rakyat baiknya tetap mengikuti aturan yang ditetapkan oleh Pemerintah. Magelang adalah kampung halaman istri saya. wilayahnya ada di tengah Pulau Jawa dan dikelilingi gunung berapi aktif seperti Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, dan Gunung Sindoro. lokasinya ini yang menjadikan wilayah Magelang subur. 

kota magelang
sumber : jawa pos

tapi yang tidak kalah menarik sebenarnya adalah destinasi berlibur di Magelang yang tidak kalah menarik. andai Pemerintah Kota Magelang dan Kabupaten Magelang lebih gencar membina dan mengembangkan potensi wisata di wilayahnya, Magelang akan jadi destinasi yang mungkin bisa menjadi pilihan, bukan lagi sebatas wilayah transit Semarang - Jogja. jadi kita langsung saja ya bersama - sama melihat destinasi yang cocok untuk Redakan Penat Pandemi di Magelang Nan Asri.

CANDI BOROBUDUR

wisata magelang
sumber : detik / CNN Indonesia

Baca juga : Hotel Pesona Bamboe Lembang Untuk Keluarga
siapa yang tidak tau tentang Candi Borobudur karena jelas ini adalah destinasi wisata utama di Magelang yang sayangnya kebanyakan wisatawan lokal maupun mancanegara taunya candi ini ada di Jogja. belum lengkap rasanya berwisata ke Magelang tanpa mendatangi Candi Borobudur. tapi yang tidak banyak diketahui, saya pribadi senang ke Candi Borobudur karena pasarnya. saya senang berbelanja barang kerajinan di pasar rakyat depan Candi Borobudur yang pasti kita lewati saat keluar dari wilayah candi. banyak barang menarik dan murah. pastikan untuk ditawar ya.

TAMAN WISATA KYAI LANGGENG

wisata magelang
sumber : tripadvisor

buat warga Magelang dan wisatawan yang membawa anak - anak, jelas TKL ini menjadi pilihan yang pasti disukai karena TKL punya pilihan wahana bermain anak dan lokasi wisata yang luas. berjalan - jalan santai didalam TKL bisa menjadi relaksasi yang pas bersama keluarga. didalam TKL ada Wahana Edukasi, Wahana Permainan, Wahana Petualangan, Wahana Air, dan Wisata Religius.

GEREJA AYAM - BUKIT RHEMA

wisata magelang
sumber : travelingan

awal booming karena film AADC, Gereja Ayam yang sekarang sudah dikelola dan diberi nama Bukit Rhema, tampaknya masih harus masuk list destinasi wisata kamu. terletak di Kecamatan Borobudur, Gereja Ayam saat ini tidak hanya menawarkan hamparan luas perbukitan hijau, namun juga wisata kulineran. awalnya Gereja Ayam dibangun menyerupai Burung Merpati, namun entah kenapa akhirnya lebih mirip ayam dan pembangunan sempat mangkrak. bagi yang muslim tidak perlu khawatir, meskipun ini rumah ibadah, namun tetap dibuka untuk umum.

KETEP PASS

wisata magelang
sumber : wikipedia

siapa yang mau merasakan sensasi berwisata diantara gunung berapi aktif. coba datang ke Ketep Pass yang terletak persis diantara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Ketep Pass sendiri sebenarnya adalah pos pantau Gunung Merapi yang terletak di Kecamatan Sawangan. didalamnya ada bioskop yang memutar film sejarah Gunung Merapi. ada juga maket replika dan foto - foto terkait sejarah Gunung Merapi. kalau datang kesini pastikan untuk membeli mendoan ya. pasti kalian paham mendoan yang mana kalau sudah kesana. itu asli enak banget makan mendoan sambil memandang gagahnya Gunung Merapi.

ALUN - ALUN KOTA MAGELANG

kota magelang
sumber : Magelang FM

biasanya setiap Kota/Kabupaten di Jawa itu akan punya alun - alun atau lapangan di pusat wilayahnya. biasanya di lapangan ini ada pohon beringinnya. nah khusus untuk Alun - Alun Kota Magelang ini lokasi dan fasilitasnya sangat baik. setiap akhir minggu malam ada penampilan air terjun menari di jam tertentu. pujasera alun - alun juga ditata rapi dengan berbagai macam kuliner dan jajanan khas Magelang. ada patung kuda dengan lampu kerlap kerlip dan tulisan "MAGELANG" yang cocok untuk berfotoria. Masjid Agung Magelang juga ada persis di sisi barat alun - alun. sementara di sisi utara dan timur ada banyak pusat perbelanjaan. menarik bukan!

AWANG - AWANG TELOMOYO

wisata magelang
sumber : suwatu

menikmati perbukitan dari atas gardu pandang di Gunung Telomoyo dengan lantai kaca transparan selalu menarik untuk dilakukan. terletak di Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, wisata ini pasti akan menarik minat wisatawan. saya sendiri sangat berminat untuk kesana secepatnya jika Pandemi sudah mereka dan PPKM sudah memperbolehkan untuk bebas berwisata. untuk sampai ke lokasi ini disarankan menggunakan motor dengan transmisi manual ya. matic aman sih cuma pastikan kondisi mesin fit ya. jalannya sudah aspal kok cuma pasti akan menanjak.

TELAGA BLEDER

wisata magelang
sumber : borobudurnews

telaga yang dikelola dengan baik dan punya pemandangan yang apik sangat cocok dijadikan destinasi untuk bersantai dan mengurangi penatnya rutinitas. pastikan untuk membeli dari penjual sekitar ya agar wisata bisa turut serta mendongkrak perekonomian wilayah sekitarnya. jangan buang sampah dan merusak lokasi wisata juga agar terjaga dan bisa dinikmati dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga : Floating Market Lembang

sebenarnya masih banyak lagi destinasi yang bisa didatangi di Magelang. kalau masih penasaran, kalian bisa googling lagi atau mempir ke teman - teman blogger lainnya yang membahas itu. intinya adalah ayo kita berwisata ke Magelang karena disana ada banyak spot menarik untuk didatangi. ditunjang alamnya yang hijau dengan deretan pegunungan berapi disekitarnya. hanya berjarak 1 jam perjalanan dari pusat kota Jogja, jangan hanya datang ke Magelang untuk ke Candi Borobudur saja. Menginaplah disana dan nikmati kotanya, alamnya, kulinernya, juga keramahan warganya.

NOTES : saat tulisan ini dibuat Magelang dalam kondisi menutup seluruh lokasi wisatanya demi menekan angka penyebaran Covid-19. namun ini sifatnya tentatif. pastikan untuk mencari tau lewat web resmi atau sosmed Pemda Magelang untuk informasi terbaru.

Post a Comment

0 Comments