Staycation dan Healing Mental Di Citra Cikopo Hotel & Family Cottage

Tiba saatnya untuk kembali numpang tidur di kawasan Puncak, Bogor. Kebetulan ini Dipho dapet kado ulang tahun disewain villa sama tantenya yang jauh - jauh datang dari Borneo. Tapi sayangnya H-1 tantenya dapet panggilan tugas, jadi gak bisa ikutan deh. Mau di cancel  juga gak bisa.

Sabtu pagi, saya sekeluarga sudah siap untuk berangkat beserta beberapa tas besar. Lama nian tak berlibur sejak mudik lebaran kemarin. Saya yang mendapatkan tugas mencari spot lokasi staycation yang artinya kami akan berada full-time di dalam lokasi penginapan akhirnya menjatuhkan pilihan ke Citra Cikopo Hotel & Family Cottage.

photo : riviwer.com

Saat saya pesan, keterangan di Traveloka menunjukkan pesanan kamar terakhir yaitu Cottage Superior 2 Bedroom dengan sarapan untuk 4 orang. Tanpa pikir panjang, saya langsung book cottage tersebut dengan harga final di 1.966.037. Menurut saya setelah hunting untuk villa 2 kamar harga tersebut adalah pilihan yang paling tepat untuk diambil meskipun harganya akan turun lebih murah lagi saat hari kerja, wajarlah ya.

Perjalanan dari Setu Bekasi dimulai sekitar jam 10.00 pagi dan saya sampai di depan Cimory Riverview sekitar jam 12.00 kurang. Posisinya macet total karena akan diberlakukan sistem jalur satu arah naik keatas. Saya lupa kalau ada sistem gage di Puncak saat hari libur mulai Jumat sampai Minggu. Beruntunglah saya tidak kena sergap karena hari ini tanggal Ganjil dan plat kendaraan saya Genap dong.

Apa yang saya sadari kalau lokasi penginapan yang akan saya datangi ini kalau dilihat dari Google Maps ternyata persis dibelakang hutan Cimory Forest Walk. Jadi bisa saya pastikan suasanya akan sangat adem di Citra Cikopo Hotel & Family Cottage ini.

photo : riviwer.com

Memasuki gang di kanan jalan, akhirnya saya lolos dari kemacetan panjang dan mulai memasuki jalan kecil pemukiman warga. Lokasinya agak ngumpet, tapi justru inilah yang membuat tujuan saya jadi menarik.

Masuk gerbang hotel saya mendapati banner yang menginfokan sedang ada acara dari Jasa Marga. Wah mesti rame nih gak bisa tenang kalau ada barengan acara perusahaan. Ternyata eh ternyata acara terakhirnya hari ini. Aman.

Saya check-in sekitar jam 12.30 tapi karena cottage yang saya pesan masih dibersihkan akibat orang - orang itu telat check-out, saya diminta menunggu. Saya pun menunggu sekitar satu jam. Entah kenapa saya sempat ditawari cottage yang tipe mountain view yang harganya 500.000 lebih mahal, tapi saya memilih bertahan dan menunggu cottage saya yang garden view.

photo : riviwer.com

Bukan kenapa - kenapa, tapi cottage tipe mountain view ini kamarnya juga ada dua, tapi yang satu ada di lantai 2. Saya khawatir Dipho yang masih 3 tahun malah jadi main tangga. Selain itu cottage saya ini dekat kolam renang dan ada taman kecil dan tempat duduk persis didepannya, jadi cocok banget buat staycation.

Sekitar jam 13.30 ternyata Dipho udah gak sabar dan nyemplung langsung ke kolam renang, saya ikutan jugalah. Biar saja urus angkat tas dan access card jadi tanggung jawab ART saya. hehehe....

Puas berenang, kami semua masuk cottage dan wow!

photo : riviwer.com

Biasanya sepengalaman saya, cottage kayu itu punya kesan yang bukan cuma vintage tapi juga spooky. Disini kesannya sangat natural. Dua kamar tidur, dapur, teras, ruang tv, dan kamar mandi air panas. Tapi anak saya kepleset beberapa kali, lantai kamar mandi sangat licin, harus ditambahkan keset kain di depan pintu dan karpet anti slip di dalam kamar mandi.

TIDAK ADA GAS PADAHAL ADA KOMPOR !!!!

jangan panik, tambah 100.000 pihak hotel akan memberikan anda gas 3 kg berisi sedikit gas tersisa dan alat masak, serta alat makan lainnya. worthed lah ya menurut saya. Saya memesan melalui telepon untuk kesemua itu dan tidak butuh waktu lama langsung diantarkan. Pembayarannya pas check-out ya.

Sore - sore anak mulai nangis kelaparan. Waduh. Akhirnya meski sudah bawa banyak bahan masakan dan bakar - bakaran, istri memesan makan nasi goreng di restoran untuk anak. Nasi Goreng Cikopo, katanya ini menu andalan restoran disini.

photo : riviwer.com

Meski katanya buat anak lanang, tetep saja saya dan istri ikut santap. Nasi goreng dengan rasa khas hotel, sate ayam, telor dadar, ayam goreng, kerupuk, acar, dan lalap. Satenya ini enak banget asli, wajib coba deh karena sate ini gak akan kalian temui pas sarapan pagi. Harga nett sekitar 50-60 ribuan gitu dan dibayar pas check-out juga. Ngeunah pisan euy.

Bersyukur sekali karena selama saya menginap disini cuaca sangat cerah bersahabat, malam sempat gerimis halus sesaat tanpa kabut. Jalan - jalan malam mengelilingi penginapan yang cukup luas saya kecewa karena meja biliard ditutup, sepertinya sudah cukup lama tidak digunakan, padahal mau main biliard. Untung bawa raket jadi besok paginya masih bisa main bulutangkis.

Akhirnya saya sekeluarga benar - benar staycation + healing mental di Citra Cikopo ini. Terima kasih buat tante Riz yang sudah jadi donatur untuk kado ulang tahun Dipho. Untuk pengalaman sarapan di Citra Cikopo akan saya sampaikan di tulisan SARAPAN MENGENYANGKAN DI CITRA GARDEN RESTAURANT ya khawatir kepanjangan kalau disini semua.

photo : riviwer.com

Overall saya sih puas menginap disini karena lingkungannya sangat bersih dan terawat, rerumputannya sangat rapi, tim keamanan dan petugas janitor sangat disiplin dan terlihat sekali mereka well-trained. Setiap  cottage dilengkapi APAR. Tapi jumlah channel saluran tv kabelnya sangat sedikit. Saya bahkan tidak bisa menemukan channel MNC dan RTV yang biasa ditonton anak. Mungkin sisi ini bisa ditingkatkan. Saya pribadi sih akan tetap merekomendasikan kalau ada acara keluarga di Puncak untuk menginap disini. Banyak lapangan rumput, kolam renang anak juga ada, parkir kendaraan luas, makanannya enak, dan pelayanan juga responsif. Saya akan memberikan bintang :